6 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Ketumbar, Bantu Turunkan Gula Darah

Sabtu, 21 September 2024 - 20:00 WIB
loading...
6 Manfaat Minum Air...
Manfaat minum air rebusan daun ketumbar sangat beragam. Ketumbar tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat untuk hampir setiap masakan, tetapi juga manfaat. Foto/Times Food
A A A
JAKARTA - Manfaat minum air rebusan daun ketumbar sangat beragam. Ketumbar tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat untuk hampir setiap masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat.

Penelitian menunjukkan bahwa air rebusan daun ketumbar dapat membantu mengurangi penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan tingkat keparahan kejang sambil meningkatkan kadar energi dan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Ketumbar juga menawarkan manfaat nutrisi. Daun segar mengandung karbohidrat, protein, dan sejumlah kecil zat besi, vitamin C, vitamin B2, dan vitamin A. Seperempat cangkir ketumbar segar menyediakan 5 persen dari jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan dan 2 persen vitamin C.

Untuk mendapatkan manfaatnya, air rebusan ini bisa diminum pada pagi hari. Berikut ini beberapa manfaatnya dilansir dari Times of India, Sabtu (21/9/2024).

6 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Ketumbar





1. Anti-inflamasi


Ketumbar sering digunakan dalam memasak dan pengobatan alternatif. Ketumbar mengandung lipid esensial dan minyak linalool. Secara tradisional, ketumbar telah dikenal manfaatnya karena sifat antiepilepsi, antidepresan, dan antiinflamasinya.

2. Menyeimbangkan Tiroid


Daun ketumbar bisa meredakan gejala yang terkait dengan ketidakseimbangan tiroid, seperti hipertiroidisme dan hipotiroidisme, serta panas berlebih, hot flashes, keringat malam, dan berbagai masalah pitta.

3. Mencegah Kejang


Penelitian terkini menunjukkan bahwa ketumbar dapat mengurangi kejang epilepsi dengan mengaktifkan saluran KCNQ, saluran kalium tertentu. Tindakan ini dapat membantu mencegah kerusakan otak yang disebabkan oleh kejang.

Daun ketumbar mengandung zat antikonvulsan yang mengaktifkan saluran kalium, menurut sebuah penelitian oleh Manville dan Abbott. Efek antiperadangan dan penghilang rasa sakit dari tanaman ini telah terdokumentasikan, yang mana terbukti mengurangi peradangan dan rasa sakit pada hewan dan manusia yang menderita artritis reumatoid.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)